wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa

PERAN PENTING WAWASAN KEBANGSAAN DAN KETAHANAN BANGSA INDONESIA

            Menjelang peringatan 17 Agustus sebagai hari jadi bangsa Indonesia selaknya dimaknai bukan hanya upacara ceremonial saja tapi lebih memahamkan dan menghayati nilai – nilai luhur bangsa. Sejatinya bahwa kemerdekaan tersebut diraih dengan pengorbanan jiwa dan raga maka dari itulah kita sebagai generasi bangsa tidak boleh menyia – nyiakan kemerdekaan tersebut dan mengisinya dengan hal – hal positif. Sebagai bangsa yang besar Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan kebudayaan harus tetap terintegrasi dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila,UUD 1945 serta semangat Bhineka Tunggal Ika menjadi landasan serta semangat agar keutuhan bangsa tetap terjaga.

Dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia bagi generasi penerus bangsa harus ditanamkan wawasan kebangsaan. Secara umum wawasan kebangsaan adalah sebuah konsepsi cara pandang dalam memahami kesadaran diri sebagai warga dari suatu bangsa. Sedangkan bangsa sendiri terbentuk karena adanya perasaan senasib dan sepenanggungan, perasaan tersebutlah yang menjadikan kita mampu meraih kemerdekaan. Dalam pengertian tersebut ada beberapa hal yang menjadi point penting yaitu cara pandang dan kesadaran diri. Cara pandang itu dimulai dari kita mengenal diri pribadi (siapa,apa,kapan,mengapa) lalu bagaimana kita mengenal orang lain bahwa sebagai makhluk individu kita juga sebagai makhluk sosial dimana dalam hidup kita juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar  yaitu adat atau budaya dan kebiasaan yang ada. Setelah kita mengetahui bahwa kita merupakan bagian anggota dari sebuah bangsa maka harus ada perubahan pola pikir bagaimana bangsa yang besar ini perlu dipertahankan dengan segenap jiwa dan raga. Dalam memahami bangsa Indonesia beberapa hal yang  penting untuk dipahami bahwa bangsa Indonesia bangsa yang amat heterogen terdiri dari berabagai  macam kebudayaan,suku, agama dan ras sehingga  dalam bergaulpun harus dengan semangat toleransi yang tinggi. Hal ini berguna untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia itu sendiri.

Bangsa bahari dengan tatakrama ketimuran yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Sebagai bangsa kepulauan dan memiliki budaya ketimuran dengan ditandai masyarakatnya yang ramah,sopan santun,gotong royong harus tetap dipertahankan karena merupakan jati diri bangsa yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain. Gugusan pulau – pulau yang berjajar dari sabang sampai merauke harus dipertahankan sehingga kita tidak akan mendengar lagi adanya klaim pulau oleh negara lain yang berbatasan dengan wilayah Indonesia. Bahari dan agararis menjadi potensi kekuatan bangsa Indonesia. Dari sektor pertanian kita mampu menghasilkan produk – produk pertanian unggul yang mampu bersaing dengan produk dari luar negeri untuk mengimbangi hal tersbut maka penting menanamkan kesadaran bagi seluruh bangsa untuk mencintai produk dari dalam negeri. Hal ini bertujuan agar kesejahteraan para petani meningkat karena hasil produksinya mampu bersaing dan tidak kalah dengan produksi dari negara lain. Ke depan bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan yang jauh lebih besar. Untuk itulah sebagai sebuah bangsa perlu adanya ketahanan yang menjadi kekuatan, kemampuan dan daya tahan suatu bangsa untuk menghadap segala tantangan, ancaman, hambatan dan gannguan yang datang dari luar ataupun dari dalam yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Dari penjelasan diatas maka wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa memiliki peran yang penting untuk keberlangsungan bangsa Indonesia. Pertama,wawasan kebangsaan merupakan hasil akumulasi proses perjuangan bangsa Indonesia mulai dari menentang kolonialisme hingga mengisi kemerdekaan. Sejatinya sebuah kemerdekaan bukan hanya kemerdekaan secara fisik namun juga mampu bebas secara pikiran dan bebas dari penjajahan secara ekonomi untuk mewujudkan sebuah Bangsa yang mandiri dan sejahtera.Selain kita menjadi sadar bahwa NKRI adalah harga mati bagi bangsa Indonesia yang tidak bisa ditawar – tawar lagi keberadaanya yang tercermin dalam sila kedua,keempat dan kelima Pancasila.Kedua, wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa sebagai upaya untuk menjaga keutuhan, memelihara persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan pencerminan sila ketiga dari Pancasila. Ketiga,wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa akan mengingatkan kepada kita bahwa perjuangan yang diraih oleh bangsa Indonesia selain atas perjuang dari bangsa Indonesia itu sendiri juga atas Pemberian Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan sila kesatu dan juga ada dalam Pembukaan UUD 1945.

Dalam melakukan upaya penanaman wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa perlu dukungan semua pihak mulai dari pemerintah, NGO,serta  dukungan seluruh masyarakat sangat diperlukan agar keberlangsungan Negara Indonesia tetap terjaga keutuhannya. Penanaman wawasan kebangsaan seyogyanya ditanamkan sejak usia dini saat anak – anak mulai masuk dibangku sekolah. Hal ini dimaksudkan agar rasa nasionalisme tertanam sejak dini dan akan tercermin dalam perilaku kesehariannya. Upaya ini merupakan salah satu cara agar cita – cita bangsa Indonesia bias terwujud dan masyarakat sadar akan pentingnya keutuhan sebuah Negara.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s